Apresiasi Dinas Tenaga Kerja kepada Harita Group

Pencegahan virus corona oleh Harita Nickel Di Apresiasi

Daerah kesehatan Pertambangan

Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Dinas Kesehatan mengunjungi Harita Nickel Division di Site Kawasi, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan. 

Kegiatan yang juga diikuti oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Selatan, perwakilan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuha, perwakilan Puskesmas Laiwui, serta stakeholders lainnya.

Kunjungan diawali dengan sesi diskusi interaktif. Pihak perusahaan memaparkan langkah-langkah yang sudah diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona yang kini sedang menyita banyak perhatian. 

Pada kesempatan itu, dokter perusahaan memaparkan upaya mengantisipasi penyebaran virus antara lain dengan cara melakukan screening test berlapis dan observasi kepada Tenaga Kerja Asing (TKA); mempersiapkan masker N95, hand sanitizer, dan sabun antiseptik; melaksanakan program promotif seperti health talk dan pemasangan poster kesehatan; serta mendata seluruh karyawan yang berobat di klinik perusahaan dengan kategori demam tinggi, flu, dan sakit tenggorokan.


Sementara itu, Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara memaparkan penjelasan tentang seluk-beluk Virus Corona. Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, dr. Andi Sakurawati, pada kesempatan itu menyarankan kepada setiap orang untuk rajin mencuci tangan setelah memegang suatu objek yang berkuman atau berbakteri, bukan hanya ketika hendak makan. Ia pun mengingatkan pentingnya fasilitas penyedia oksigen dalam setiap ruang observasi kesehatan dalam mengantisipasi ancaman virus ini.


Setelah melakukan diskusi, seluruh peserta yang berjumlah sekitar 30 orang itu kemudian mengunjungi klinik perusahaan untuk melihat bagaimana kesiapan tim medis. Di sana para peserta dapat melihat berbagai fasilitas yang memadai untuk menangani pasien yang membutuhkan perawatan. Para peserta kunjungan juga bisa bertanya langsung terkait ragam upaya pencegahan dan penanganan kepada dokter perusahaan, maupun kepada paramedis yang menyertai. 


Dari rangkaian acara itu, dr. Andi Sakurawati mengapresiasi semua upaya yang sudah dilakukan oleh Harita Nickel Division dalam menyikapi isu mewabahnya Virus Corona yang kini terjadi di berbagai negara. 

“Saya mengapresiasi setinggi-tingginya atas segala bentuk pencegahan dan antisipasi yang dilakukan oleh manajemen Harita,” ujarnya.

Ia juga merasa tenang dengan kebijakan perusahaan yang menghentikan sementara kedatangan TKA, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat. 
Menurutnya hal itu penting untuk menjaga situasi nasional, mengingat sampai saat ini Indonesia belum dinyatakan terjangkit Virus Corona.

Sementara Kepala Dinas Ketenagakerjaan Halmahera Selatan, Fachry Nahar, menambahkan ketahanan dan kondusivitas situasi secara nasional harus didukung dan dibangun dari daerah.

 “Kita harus menjaga daerah kita. Harita telah melaksanakan sejumlah tindakan pencegahan. Saya harap yang lain juga demikian. Manajemen Harita juga akan mentaati sepenuhnya larangan masuk TKA dari China yang telah dilakukan oleh Pemerintah RI. Sampai situasi virus Corona dapat dikendalikan,” pungkasnya. (One)

Leave a Reply

Your email address will not be published.