Dukung Pilkada Serentak 2020 di Malut, Ini Pesan Sultan Tidore

Pemerintahan

Sejumlah Kesultanan di Maluku Utara (Malut) meminta seluruh elemen untuk mendukung pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) delapan kabupaten/kota. Tujuannya agar berjalan secara demokratis tanpa ada tekanan yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat.

“Tentunya, saya mengajak seluruh masyarakat Malut, terutama delapan kabupaten/kota agar menciptakan suasana yang kondusif dalam helatan pilkada serentak tahun 2020,” kata Sultan Tidore, Husain Alting Sjah, Jumat (20/10/2020).

Dia juga mengatakan, secara khusus Kesultanan Tidore memposisikan diri menjadi pengayom bagi semua masyarakat. Selain itu keputusan politik Kesultanan Tidore tidak berpihak pada pasangan calon tertentu.

“Posisi kesultanan hingga kini tetap netral, karena posisi Kesultanan Tidore adalah sebagai pengayom semua masyarakat di wilayah Malut,” katanya.

Sultan juga meminta kepada seluruh perangkat adat Kesultanan Tidore untuk tidak membawa nama dan simbol kesultanan untuk kepentingan politik. Seluruh pasangan calon baik wali kota maupun bupati yang maju dalam pilkada di Malut untuk tetap mendukung penyelenggara dan aparat keamanan. Tujuannya agardapat menciptakan pilkada yang aman, damai dan nyaman.

“Saya menginginkan agar Pilkada 9 Desember 2020 bisa berjalan secara adil dan netral. Pilih sesuai dengan hati nurani masing-masing tanpa ada tekanan maupun paksaan dari kelompok kepentingan tertentu,” kata Sultan Tidore yang juga anggota DPD-RI Perwakilan Provinsi Malut tersebut.

Dalam menyalurkan hak politik setiap orang, perangkat adat Kesultanan Tidore dipersilakan memberikan hak politiknya di daerah masing-masing sesuai pilihan hati. Asalkan simbol dan nama besar Kesultanan wajib dijaga pada momentum politik tersebut.

Sultan juga mengajak kepada seluruh masyarakat dapat menyalurkan hak politiknya di TPS yang disediakan penyelenggara. Tujuannya agar pilkada ini bisa melahirkan pemimpin yang baik, bisa mengayomi serta bisa menjadi pelayan yang baik.

“Jangan sampai jadi pemimpin yang menjadi tuan untuk banyak orang,” katanya.

Sumber: iNews Maluku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *