27 Musisi Terbaik Akan Tampil Spektakuler di Timur Bersuara Fest 2023

Daerah

TERNATE, HR – Sebanyak 27 talent – talent musisi terbaik di Maluku Utara akan tampil di event Dari Timur Bersuara Fest 5.0 2023, pada tanggal 1-2 September 2023.
Ketua Music Corner, Firdana Mahdi Assagaf mengatakan, 27 talent musisi-musisi di berbagai daerah di Maluku Utara dari 80 band yang sudah mengikuti jalur ‘submit karya’ dengan beragam gendre yang dibawakan, mulai dari Folk Etnik, Emotional Love Rock, Garage Rock, Hip-Hop sampai dengan Alternatif Etnik.

“Untuk guest star, kami akan mendatangkan band asal Bandung Rocket-Rockers, yang akan tampil pada malam puncak tanggal 2 September 2023. Selain itu, ada juga choice award mulai dari kategori komika favorit, band indie, penyayanyi solo, rap/hip-hop, fotografer, konten creator, film lokal, sampai dengan wedding organizer,” jelasnya, Jumat (1/9/2023).

Tak hanya itu, kata Firdana, sebanyak 20 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal juga akan ikut dalam event ini, mulai food and baverage, coffee sampai non coffee, dan apparel. Event akan di laksanakan di lokasi parkiran Benteng Oranje Ternate, dengan target kapasitas pengunjung sebanyak 3.000 orang.

Firdana berharap, event Dari Timur Bersuara Fest 2023 akan memberikan wajah baru di Kota Ternate tentang bagaimana membangun sebuah gerakan kolektif dalam event-event kolaborasi, event kali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pihaknya harus mempersiapkan jauh-jauh hari, karena kali ini band dan musisi juga lebih banyak dari sebelumnya.
Selain itu, grup band Right Chambers bakal berikan kejutan pada event ini dengan membawakan lagu – lagu terbaru dengan karakter musik kuat dan pecah.

Vokalis Rigtht Cambers, Abdullah Sandy mengatakan, band asal Ternate yang dibentuk saat gelaran event Rocktobers salah satu event music rock di Ternate pada tahun 2021.

“Kami kemudian membuat band karena event tersebut, waktu itu perwakilan kedai kedai kopi tampil, berawal dari sana kemudian kami buat Right Chambers dengan aliran Alternativ,” kata Beks vokalis Right Chambers.

Disamping itu, dari Kanan Space salah satu coffe shop Ternate, yang kemudian melahirkan teman-teman musisi, Beks pada Vokal, Eja Bass, Rats Gitar, Cat Gitar, dan Bob Drum, setelah tampil dari event Rocktober, kemudian berlanjut dengan pembuatan Album Kong dengan beberapa musisi rock Ternate.

Beks mengakui, sekitar 15 tahun sudah tidak main musik, tetapi berkat event-event komunitas yang dibuat oleh teman teman musik corner, Komunitas Benteng Oranje, yang kemudian memberikan kesempatan terus, yang menjadikan giat kembali bermusik.

“Right Cambers akhirnya merilis single lagu dengan judul ‘’lewat Jam Malam’’ yang kemudian sudah selesai pembuatan video clip dan di tayakan di Youtobe tahun 2022,” ucap dia.

Menariknya untuk tahun 2023, Right Cambers sudah mempersiapkan materi lagu untuk album mereka.

“Tinggal menunggu waktu yang tepat, untuk masuk dapur rekaman. Kami agak terlambat karena ada kesibukan juga dari teman-teman personil, “tapi Insya Allah tahun ini kami akan mengeluarkan album, sekitar 12 lagu yang kami persiapkan,” lanjutnya.

Jadi untuk Timur Bersuara tahun ini, dalam event Timur Bersuara yang akan digelar tanggal 1 dan 2 September, mereka akan akan membawakan 6 lagu ciptaannya.

“Terinspirasi dari band Treeshome, yang sudah mengeluarkan banyak lagu ciptaan mereka sendiri,” ungkpanya sambil tertawa.

Sumber: Halmahera Raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *