Antam Sebar Pinjaman Rp 4 Miliar Bantu 113 UKM di Maluku Utara

Uncategorized

PT Aneka Tambang Tbk melalui Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Nikel Maluku Utara menyalurkan dana pinjaman Program Kemitraan (PK) senilai Rp 4 miliar untuk membantu pengembangan peningkatan ekonomi usaha kecil menengah (UKM) di Buli, Maluku Utara.  Direktur Sumber Daya Manusia Antam, Luki Setiawan, mengatakan program kemitraan tersebut merupakan bentuk implementasi tanggung jawab sosial perusahaan, khususnya dalam pengembangan ekonomi lokal sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang.
“Antam melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha mikro dan kecil yang diharapkan melalui program ini dapat mengoptimalkan sumberdaya alam atau lokal seperti perikanan laut, pertanian, perkebunan,” kata Luki dalam keterangannya, Senin (24/6/2019).  Dana pinjaman program kemitraan tahap I tersebut disalurkan kepada 133 mitra yang terdiri dari beberapa bidang usaha antara lain perdagangan sebanyak 75 orang, peternakan sebanyak 16 orang, jasa 16 orang, perkebunan 1 orang, industri 8 orang, dan perikanan 17 orang. 

Sekadar informasi, sejak tahun 2009 Antam telah menyalurkan Program Kemitraan di Buli, Maluku Utara senilai total Rp 35 miliar dengan total jumlah mitra binaan sebanyak 1.340 orang. Antam senantiasa berkomitmen untuk terus melakukan upaya guna memberikan kontribusi bagi masyarakat dan pemerintah dengan melaksanakan pembinaan kepada pelaku usaha mikro dan kecil khususnya di sekitar wilayah operasional.

Sementara itu, di kesempatan yang sama, Antam UBP Nikel Maluku Utara juga mengadakan kegiatan Halal Bihalal di Buli, Maluku Utara pada Sabtu (15/6/2019).  Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Forum Komunikasi Perangkat Daerah Halmahera Timur diantaranya Pemerintah Daerah Halmahera Timur beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah, Kapolres Halmahera Timur, Kapolsek Maba, Danramil 1505-04, Camat Maba dan Kota Maba, para kepala desa, tokoh masyarakat dan tokoh agama. 

Luki menyatakan bahwa momen Hari Raya Idul Fitri 1440 H dapat dijadikan momentum untuk memperkuat sinergi serta dalam rangka mewujudkan Visi Antam 2030 untuk menjadi korporasi global terkemuka melalui diversifikasi dan integrasi usaha berbasis sumber daya alam dengan menerapkan tata nilai Perusahaan yaitu PIONEER (Profesional, Integrity, Global Mentality, Harmony, Excellence, dan Reputation)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *