452 Prajurit TNI AD Dikirim ke Maluku dan Maluku Utara

Daerah

TNI Angkatan Darat mengirim 452 prajurit ke Provinsi Maluku dan Maluku utara. Pengiriman ratusan prajurit itu mendukung pembentukan satuan kodim dan koramil di wilayah kerja Kodam XVI/Pattimura. Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen Moch Fachruddin mengatakan,ratusan prajurit itu didatangkan dari sejumlah kodam di Indonesia.pembentukan kodim dan koramil baru merupakan bagian dari kebijakan strategis untuk pemerataan kekuatan TNI AD di seluruh wilayah.

Dalam Arahannya di markas Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) XVI/Pattimura Desa Suli,Maluku tengah (selasa 14/7/2020),Wakasad Menyampaikan bahwa,pembentukan kodim dan koramil baru adalah bagian dari tindak lanjut kebijakan strategis guna pemerataan, Selama bertugas di wilayah kodam XVI Pattimura, ratusan prajurit itu akan, melakukan kegiatan pembinaan teritorial untuk merintis dan mempersiapkan lahan markas kodim hingga membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan, menjaga ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi covid-19,menjaga stabilitas keamanan,melaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan,dan melakukan pemantauan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam dan kerusuhan sosial,terutama dalam menghadapi momen pilkada nanti.

Kehadiran personel bawah kendali operasi (BKO) ini sangat penting untuk membantu terbentuknya kodim dan koramil di seluruh kabupaten. Mereka akan bertugas selama satu tahun.

Ia mengutarakan,personel yang memperoleh tugas BKO akan memperoleh hak berupa uang makan,uang saku serta tunjangan khusus. 

Bagi personel yang bersedia menjadi pasukan organik di wilayah maluku,mereka akan mendapat prioritas pendidikan kenaikan pangkat Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimuta Mayjen TNI Marga Taufik mengatakan,ratusan prajurit BKO itu didatangkan dari Kodam I/Bukit Barisan,Kodam II/Sriwijaya, Kodam III/Siliwangi, Kodam IV/Diponegoro, Kodam V/Brawijaya, Kodam VI/Mulawarman, Kodam IX/Udayana, Kodam XII/Tanjungpura/ Kodam XIII/ Merdeka, Kodam XIV Hasanuddin, Kodam Jaya serta Kodam Iskandar Muda,diantara mereka terdapat 68 putra daerah Maluku dan 384 non putra daerah.

Personil satgas ini nantinya akan di tempatkan di 11 kodim persiapan yang akan dibentuk di wilayah kodam XVI Pattimura,yang meliputi 6 kodim persiapan di maluku dan 5 kodim di wilayah Maluku utara.

Sumber: Kompas.tv

Leave a Reply

Your email address will not be published.