Balai Karantina Pertanian Ternate Pastikan Hewan Kurban Aman dari PMK

Daerah

TERNATE, OT – Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Maluku Utara (Malut), memastikan distribusi hewan kurban yang berasal dari provinsi Maluku Utara (Malut), dijamin aman tanpa terindikasi PMK.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, Yusup Patiroy mengaku, distribusi hewan kurban (Sapi) berasal dari Provinsi Malut pada saat jelang Iduladha dipastikan aman dan terkendali.

“Wilyah Provinsi Malut masih kategori zona hijau, selain itu Malut belum ada kasus PMK, sehingga untuk hewan kurban masih aman,” ungkap Yusup saat ditemui indotimur.com, Selasa (5/07/2022) diruang kerjanya.

Terpisah, Sub Koordinator Karantina Hewan Balai Karantina Pertanian Kelas II Ternate, drh. Wahyu Samurwat membenarkan, untuk masalah hewan kurban rata-rata pasokan sapi berasal dari Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) Halut dan Haltim.

“Kalau status zona hijau sesuai dengan surat edaran dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor 3 tahun 2022, status PMK di Provinsi Malut masik dikatakan zona hijau,” ucap Wahyu.

Dia mengaku, hewan kurban di Provinsi Malut masih aman terkendali pada saat jelang Iduladha nanti, selain itu pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan tidak ada daging sapi yang diekspor dari luar Malut masuk di Provinsi Malut.

Sumber: IndoTimur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *