Hingga Oktober 2022, Dinas Perhubungan Sumbang Rp 1 Miliar untuk PAD Halmahera Selatan

Pemerintahan

TRIBUNTERNATE.COM, BACAN – Kepala Dinas Perhubungan Halmahera Selatan, Iksan Subur menyebut, Pendapatan Asli Daerah (PAD). Yang bersumber dari retribusi darat dan laut pada tahun 2022 ini, mencapai Rp 1 miliar lebih. Itu terhitung sejak bulan Januari hingga Oktober 2022 sekarang.

“Dari bulan Januari samapai sekarang, sudah mencapai Rp 1.50.000.000.00, “katanya kepada TribunTernate.com, Kamis (13/10/2022).

Menurutnya, PAD di Dinas Perhubungan dalam dua tahun terakhir, terus mengalami peningkatan. Yakni dari tahun 2021 dan 2022.

Ia mengaku, di tahun-tahun sebelumnya, capaian PAD di Dinas Perhubungan kurun waktu setahun hanya Rp 300 juta.

Hanya karena di APBD Perubahan, target PAD dinaikkan Rp 1,5 miliar, dan di akhir Desember 2022 harus tercapai.

“Biasanya kitorang (kami) hanya capai di angka Rp 300 juta. Nah sekarang di perubahan anggaran itu dinaikkan lagi Rp 1,5 miliar,”

“Karena kita sangat punya peluang ada peningkatan, akhirnya di perubahan anggaran tambah lagi. Jadi kita dikenaikan itu hampir 400 persen, “jelasnya.

Kata dia, penyumbang PAD terbesar dalam penarikan retribusi, adalah di Pelabuhan Kupal. Di mana, ketika dipergunakannya portal karcis di gerbang utama pelabuhan, mampuh mendongkrak peningkatan retribusi.

“Yang jelas, retribusi kita ada beberapa macam. Ada parkiran, di pelabuhan dan lain-lain. Jadi yang punya kontribusi paling besar itu di Pelabuhan Kupal,”

“Dengan adanya portal. Itu yang mendongkrak kita punya pendapatan, “paparnya.

Sedangkan di Pelabuhan Babang, lanjut Iksan, penarikan retribusinya masih kecil karena belum ada portal karcis.

Tetapi pada tahun 2023 pada kegiatan Multiyears, untuk pengembangan Pelabuhan Babang, maka kemungkinan besar penarikan tetribusi di pelabuhan tersebut akan meningkat.

“Kitorang punya pendapatan lebih besar lagi, ketika di tahun depan kita maksimalkan fasilitas Pelabuhan Babang,”

“Karena akan dibangun perpanjangan dermaga, ruang parkir juga diperbaiki, pakai portal. Dia terintegrasi dengab Perindagkop yang akan membangun pasar juga di situ, “ucapnya. (*)

Sumber: Ternate Tribunnews

Leave a Reply

Your email address will not be published.