Kementerian Pertanian Beri Penghargaan untuk Gubernur Maluku Utara

Daerah

Tandaseru — Kementerian Pertanian RI memberikan penghargaan kepada sejumlah kepala daerah, termasuk Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Pemberian penghargaan ini atas dedikasi, kontribusi, dan keberhasilan dalam membangun bidang pertanian yang diberikan pada Pekan Nasional Petani Nelayan ke XVI di Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/6).

Penghargaan tersebut diserahkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi mewakili Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kepala Dinas Pertanian Malut Mukhtar Husen menyampaikan, pemerintah daerah berkomitmen mengembangkan sektor pertanian demi kesejahteraan petani dan masyarakat umumnya.

“Di bawah kepemimpinan Bapak Gubernur Abdul Gani Kasuba, kami diperintahkan untuk terus membantu para petani lokal agar hasil pertaniannya dapat meningkatkan perekonomiannya,” ujar Mukhtar usai mendampingi Gubernur di Padang, Sumbar.

Berbagai jenis bantuan pun telah diberikan kepada petani, mulai dari alat pertanian, pupuk, hingga bibit, dan lebih penting lagi adalah pendampingan melalui penyuluh pertanian.

Disamping mendorong kesejahteraan petani, Pemprov Malut juga berkomitmen menjaga harga bahan pokok agar tetap stabil sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga.

“Sekarang ini kami lagi dorong untuk pembukaan lahan pertanian baru khususnya untuk hortikultura di sejumlah kabupaten/kota, tujuannya agar jumlah produksi terus meningkat agar kita tidak tergantung pasokan dari daerah tetangga,” jelas Mukhtar.

Pada Penas Petani Nelayan 2023 di Padang, Sumatera Barat, Pemprov Malut mengirim 241 delegasi untuk berpartisipasi sekaligus mempelajari inovasi-inovasi di sektor pertanian.

Sumber: Tanda Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *